Cara Memulai Usaha untuk Pemula

Posted by Maman Aulya 0 komentar
cara memulai usaha
USAHA

Penjelasan Bagaimana Memulai Usaha Sendiri untuk Pemula

BISNIS DAN USAHA HARIAN YANG MENGUNTUNGKAN


Bagaimana sih cara memulai usaha? Apakah benar butuh modal yang besar? Mungkin pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang banyak terpikirkan oleh banyak orang yang ingin terjun kedunia usaha, termasuk saya. Kebanyakan dari kita termasuk saya berpikir bahwa untuk memulai usaha butuh modal yang besar, kadang bingung juga dapat modalnya dari mana,
habis itu berpikir hasil usahanya bisa balik modal atau tidak, apalagi dapat modal usahanya ngutang. Setelah di hitung-hitung ternyata diperkirakan tidak bisa nutupi modal awal yang dikeluarkan, ujung-ujungnya usahanya tidak jadi buka. Mungkin ada juga, udah punya modal, tapi bingung mau usaha apa, gak ada ide. Mungkin itu beberapa masalah yang sering membuat galau kebanyakan orang, termasuk saya. Lalu, apa ya solusinya..???

Bagaimana Cara Memulai Usaha?

Saya disini mau sharing sedikit ilmu yang saya peroleh dari mengikuti Workshop “Saatnya anda Jadi Pengusaha” dengan pembicaranya Bapak A.Rachman, S.Kom P.Pd seorang pengusaha asal Kota Ponntianak yang merupakan owner Bimbingan Belajar Quantum Kids yang telah memiliki 100 cabang se-Indonesia dan juga mempunyai usaha-usaha lainnya. Saya disni hanya bisa mensharing sedikit ilmu yang saya dapat dari Bapak A.Rachman, S.Kom P.Pd, dan belum bisa memberikan tips-tips yang murni dari saya soalnya saya juga baru mau mulai usaha juga, ilmu saya tentang dunia usaha masing dibilang sedikit sekali... hehehe. Ada pepatah mengatakan “ Sampaikanlah ilmu walau hanya satu ayat” BETULL... Lanjuutt..!!

Hasil saya mengikuti workshop tersebut, saya baru tau cara memulai usaha yang penting ada kemauan dan semangat pantang menyerah untuk terus berusaha atau bahasa kerennya ACTION. Banyak yang bilang kalau mau mulai, kita harus pakai OTAK KANAN. Kita harus pandai melihat peluang yang bisa dijalankan yang ada disekitar kita. Kata kunci yang harus dipegang yaitu DIMANA ADA KESUSAHAN, DISITU ADA DUIT”. Apa maksud dari kata kunci tersebut? Maksudnya Setiap ada kesusahan orang, disitu ada peluang usaha yang bisa dijalankan, misalnya kita tinggal disuatu tempat yang tidak ada jual sayur-sayuran, warga disekitar tempat tinggal kita harus pergi jauh ke pasar buat beli sayur, nah kita punya peluang buat jualan sayur dan kebutuhan rumah tangga lainnya buat dijual di tempat tinggal kita itu. Masih banyak contoh yang lain yang lebih mudah dimengerti, cuma pikir sendiri ya contohnya.. hehehe.

Apa saja yang dilakukan untuk memulai usaha ?


Hasil saya mengikuti workshop, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk memulai usaha yaitu :
>Kenali Potensi Diri
Kita harus kenali dulu potensi diri, apa yang kita bisa, bidang usaha apa yang benar-benar kita sukai dan bisa kita jalankan.

>Lakukan Apa yang bisa ditangani
Lakukan Apa yang bisa kita tangani
APA YANG BISA KITA TANGANI
Hal-hal yang masih kita tangani sebaiknya kita kerjakan sendiri dulu. Tanpa harus melimpahkan ke orang lain. Selain menghemat biaya, hal tersebut dapat menambah ilmu kita tentang usaha yang akan dijalani.


>Punya visi dan misi yang jelas


Punya visi dan misi yang jelas
Visi dan Misi
Kita harus punya visi dan misi usaha yang jelas. Usaha kita mau dibuat seperti apa, mau dikembangkan ke arah mana usaha kita, sudah kita rencana sejak awal.

>Pilih lokasi yang tepat

Pilih lokasi yang tepat
Lokasi
Lokasi merupakan salah satu faktor penting dalam memulai usaha. Apabila lokasi usaha kita bagus dan strategis, paling tidak kita telah memiliki salah satu faktor yang dapat membuat usaha kita maju dan cepat berkembang.

>Kenali apa yang dibutuhkan lingkungan
Kenali dulu apa yang dibutuhkan lingkungan sekitar kita. Apabila kita telah mengetahui apa yang dibutuhkan lingkungan, hal tersebut dapat dijadikan peluang usaha buat kita.

>Buat rencana secara global
Buatlah rencana secara global usaha kita. Hal ini sangat diperlukan untuk mengembangkan usaha kita. Misalnya, dalam 1 tahun kita harus mempunyai berapa outlet/gerobak, dan lain-lain

>Lakukan sendiri
Sebaiknya kita melakukan sendiri dulu, jangan kita langsung serahkan ke karyawan untuk menjalnkan usaha kita. Supaya kita tahu dulu tentang ilmu usaha yang kita jalani.

>Manfaatkan sumber daya yang ada
Manfaatkan sumber daya yang ada. Perlengkapan usaha kita tidak mesti barang baru, kita bisa memakai barang yang ada dirumah kita atau minjam sama keluarga/teman, tentunya barang yang dapat digunakan untuk menunjang usaha kita.

>Marketing otak kanan
Supaya usaha ita cepat berkembang, gunakanlah marketing otak kanan seperti cara promosi, kemasan produk, dan lain-lian. Untuk lebih jelas tentang marketing otak kanan, silahkan browsing sendiri ya, atau baca buku tentang marketing otak kanan

>Buat legalitas usaha
Sebaiknya kita membuat legalitas usaha, seperti CV. Hal ini diperlukan apabila kita mendapat peluang usaha yang memerlukan lagalitas usaha kita. Selain itu dapat digunakan sebagai syarat pengajuan pinjaman di Bank.

>Miliki Aset

Upayakan kita memiliki aset. Hal ini diperlukan apabila sewaktu-waktu kita membutuhkan modal untuk mengembangkan usaha kita, dan kita ingin mengajukan pinjaman di bank, aset yang kita miliki dapat kita ajukan sebagai agunan.

Begitulah gambaran kira-kira cara memulai usaha, yang penting harus action aja dulu, jangan terlalu banyak hitung-hitungannya, pikir ini, pikir itu,  atau lebih parah kalau berpikir kalau usahanya RUGI gimana ya? Kalau berpikiran seperti itu, lebih baik kita pikir ulang untuk terjun ke dunia usaha, karena dalam menjalankan usaha nanti hampir pasti akan menemukan kegagalan, akibat dari kegagalan tersebut kita rugi alias bangkrut. Kita ACTION aja dulu ya, buka dulu usahanya..!! Sambil jalan usahanya, kita sambil belajar gimana jalanin usahanya, cara mengatur keuangannya, cara mengembangkannya dan lain-lain.

Sekial dulu saya sedikit sharing dari saya, semoga bermanfaat....

Sedikit informasi lagi, apabila anda yang ingin belajar cara bisnis online dengan cara yang dipermudah, klik link berikut >> Panduan Cara Bisnis Online
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Memulai Usaha untuk Pemula
Ditulis oleh Maman Aulya
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://usaha8.blogspot.co.id/2014/08/cara-memulai-usaha_4.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Cara Buat Email Di Google | Copyright of Cara Memulai Usaha Baru dan Online.