LOKASI USAHA


Lokasi Usaha


Penjelasan Cara Penentuan dan Pemilihan Lokasi Usaha


Lokasi Usaha merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan atau kesuksesan suatu usaha. Apabila lokasi usaha kita strategis dan dekat dengan pusat keramaian, maka hal tersebut merupakan suatu modal atau nilai tambah buat kita untuk membuat usaha yang kita jalankan berhasil. Namun, ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan dalam memilih lokasi usaha, baik dari segi efisiensi dan kemudahan mencapai lokasi usahanya
Saya akan mensharing kemabli sedikit ilmu tentang Cara Memulai Usaha yang saya peroleh dari mengikuti Workshop “Saatnya anda Jadi Pengusaha” dengan pembicaranya Bapak A.Rachman, S.Kom P.Pd seorang pengusaha asal Kota Ponntianak yang merupakan owner Bimbingan Belajar Quantum Kids yang telah memiliki 100 cabang se-Indonesia dan juga mempunyai usaha-usaha lainnya.


Cara Penentuan Lokasi Usaha yang Strategis


Hasil dari saya mengikuti workshop tersebut, ada beberapa pertimbangan atau faktor yang harus kita perhatikan dalam memilih lokasi usaha yaitu sebagai berikut :
>Lokasi Sentra Point
Lokasi sentra point disini maksudnya ialah lokasi yang tanpa diundang pun orang akan datang dengan sendirinya. Jadi, kita dapat mengambil keuntungan berupa penghematan biaya promosi dari lokasi sentra point ini. Contoh lokasi sentra point yaitu Rumah Sakit, Puskesmas, Pasar Swalayan, ATM dan lain-lain.

>Dekat dengan lokasi sejenis.
Faktor yang kedua ialah dekati lokasi sejenis. Pilihlah lokasi usaha yang terdapat suatu usaha yang sama dengan kita. Misalnya, apabila anda ingin membuka usaha bakso, carilah lokasi usaha yang terdapat usaha bakso juga. Manfaatnya adalah, apabila usaha bakso saingan kita tadi tutup atau kelebihan pembeli, maka kemungkinan besar pembeli ataupun langganan saingan usaha bakso kita tadi akan berpindah membeli di usaha bakso kita.

>Perhatikan situasi lalu lintas (traffic)
Faktor yang ketiga ialah Perhatikan situasi lalu lintas (traffic). Utamakan lokasi usaha yang situasi lalu lintas (traffic)nya memudahkan orang atau calon pembeli untuk singgah ketempat usaha kita.

>Faktor kenyamaan calon pelanggan
Faktor yang keempat ialah Faktor kenyamaan calon pelanggan. Pilihlah lokasi usaha yang dapat membuat calon pelanggan kita nyaman apabila membeli di tempat usaha kita. Contohnya seperti parkir yang luas, desain tempat usaha kita menarik, keamanan dan lain-lain

>Harga yang terjangkau

Faktor yang kelima ialah harga yang terjangkau. Pilihlah lokasi usaha yang sesuai dengan harga produk yang akan kita jual. Apabila produk kita merupakan produk yang harganya cocok untuk konsumen kelas atas, maka kita jangan memilih lokasi yang berada di lokasi konsumen kelas menengah kebawah. 


Sekian dulu ya postingan saya tentang Lokasi Usaha, semoga bermanfaat.