CARA MENGATUR UANG SERTA CARA MENGELOLA UANG


Cara Mengatur Uang


PENJELASAN TENTANG CARA MENGATUR DAN MENGELOLA UANG



CARA MENGELOLA UANG - Kali ini saya akan membagi informasi bermanfaat yang didapat dari Grup WhatsApp yang saya ikuti. Informasi ini ditulis oleh Ardi Gunawan. Beliau adalah Motivator dan Founder Nutrisi Otak Omar Smart Brain. Informasi yang saya akan bagi tentang Cara Mengelola Uang yang sangat berguna buat kita yang sedang belajar Cara Memulai Usaha atau yang bekerja.

CARA MENGATUR UANG


Uang itu ibarat hewan peliharaan yg buas. Kalo tidak dijaga pasti akan lepas. Kalo seandainya teman-teman tidak membuat pagar. Hewan itu akan hilang dengan cepat. Allah menginginkan agar kita ini smart dalam Cara Mengelola Uang yaitu tidak berlebihan dalam membelanjakan harta kita. Hati hati kawan, karena salah satu sebab dari hilangnya keberkahan rezeki adalah pemborosan. Hati-hati kalau boros bisa dan tidak tahu Cara Mengatur Uang jadi kawan kita adalah syetan, jika demikian akan banyak peluang akan lepas begitu saja. Logikanya Allah tidak suka dengan syetan dan tentunya teman-teman pasti tidak ingin seperti syetan. Siapa dia? Pemboros.

Terkadang sesuatu yang tidak pantas itu terjadi, yang membuat hidup semakin susah  yaitu merasa berat saat keluarkan 100 ribu untuk sedekah. Tapi tidak merasa berat saat habis makan 740 ribu. Oleh karena itu saya akan sharingkan 9 pertanyaan fundamental tentang salah satu Cara Mengatur Uang yang sangat berguna untuk hidup hemat.  Karena ada 2 yg membuat kaya yaitu dagang dan hidup hemat.

Baiklah berikut 9 pertanyaan fundamental sebelum membeli barang apapun yang merupakan salah satu Cara Mengelola Uang. Silahkan dicatat. Mari kita mulai saat Anda mau beli, baiknya 9 pertanyaan ini jawab terlebih dahulu..
>Apakah sudah ada rencana awal mau beli?
Misalnya pas ke mall Anda ketemu orang yg jual alat penyedot debu. Dengan banyak kemudahan dan penawaran menarik. Ingat kalau belum ada rencana langsung sadar. Pecahkan dan jangan ambil itu karena belum Anda rencanakan sebelumnya. Hal tersebut merupakan salah satu Cara Mengelola Uang yang benar.

>Apakah ada UANG tunainya?
Kalo tidak ada cashnya jangan dibeli. Karena orang yang membeli dengan cara kredit biasanya tidak merasa bersalah. Kecuali Mau beli barang produktif seperti rumah. Pokoknya kalo konsumtif harus cash. Sehingga Anda tidak boros. Hal tersbut juga merupakan Cara Mengatur Uang yang tepat.

>Apakah ini need apa want?
Apakah ini keinginan atau kebutuhan? Ingat keinginan itu tanpa batas kalau dituruti tidak habis-habis. Kebutuhan itu primer kalau keinginan itu gaya. Kenapa orang itu susah. Biasanya karena banyak gaya. Ingat hukum fisika, semakin bayak gaya semakin banyak tekanan.

>Apakah bahaya kalo tidak beli?
Misalnya kalau enggak beli handphone bahaya gak bisa komunikasi, tidak bisa berbisnis. Nah yg ini boleh. Tapi kalo tidak bahaya jangan beli.

>Apakah ada produk atau jasa pengganti yang lebih ekonomis, tapi berkualitas.

>Bisa ditunda enggak?
Kalau masih bisa ditunda. Tunda saja dulu kecuali kalau tidak bisa ditunda ya segerakan.


>Apakah bisa menghasilkan uang lebih setelah pengeluaran ini?
Inilah cara berfikir produktif bukan konsumtif. Cara berfikir seperti ini sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena merupakan Cara Mengatur Uang yang baik.

>Apakah memberi manfaat permanen atau sesaat? Kalau sesaat tinggalkan. Seperti jajanan yg gurih dengan zat kimia lebih baik tinggalkan.

>Apakah ini emosi sesaat?
Jangan bawa cash kemana-mana. Dan jangan campur uang bisnis dengan pribadi. Kalau Anda pengusaha silahkan gaji diri sendiri. Inilah salah satu Cara Mengelola Uang yang benar.

Apa yang harus Anda lakukan? silahkan catat dan berusaha barang yg kita beli telah lulus sensor 9 pertanyaan fundamental diatas yang merupakan salah satu Cara Mengatur Uang


Sekian informasi yang dapat saya sampaikan tentang Cara Mengatur Uang dan Cara Mengelola Uang. Semoga bermanfaat.


CARA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR ANAK, KLIK GAMBAR DIBAWAH INI !!

 Nutrisi Otak OSB